TADBIR : Journal of Islamic Education Management https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir <p>TADBIR : Journal of Islamic Education Management is a journal managed by the Islamic Education Management Study Program, Al-Hikmah Indonesia University, Tuban, which is published periodically every 4 months (3 times a year) as a vehicle for communication between the academic community in the field of Islamic education management. The editorial team invites experts and academics to contribute manuscripts, either in the form of research results or in-depth studies, in accordance with the discipline of Islamic Education Management. The manuscript submitted is an original manuscript (not plagiarized) and has never been published in other media</p> en-US yanto@gmail.com (ahmad suyanto) ahmad@gmail.com (ahmad suyanto) Wed, 30 Jul 2025 14:16:33 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMK MIFTAHUL HIKMAH KARANG SUKOREJO PARENGAN https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1022 <p>Untuk meningkatkan kualitas lembaga tidak lepas dari pengelolaan, pengelolaan sarana dan prasarana sangat mendasar sekali dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis multimedia di SMK Miftahul Hikmah. Fokus penelitian ini meliputi:1) Bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam&nbsp; meningkatkan&nbsp; efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah tahun pelajaran 2023/2024. 2) Faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah melalui empat fungsi manajemen yaitu (planning dengan melalui rapat bersama guru,organizing meliputi pembagian tugas yang sesuai dengan skillnya, actuating yang didalamnya meliputi analisis kebutuhan dan perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan penghapusan, controling terdiri dari pengevaluasian terhadap sejauh mana manajemen sarpras berjalan), 2) Faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah ada dua faktor yaitu minimnya dana yang dimiliki lembaga dan faktor yang kedua yaitu penggunaan lab komputer yang masih bergantian sebab satu lab komputer yang digunakan secara menyeluruh.</p> Elok Faiqoh, Siti Fatimah, Edy Kisyanto ##submission.copyrightStatement## https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1022 Wed, 30 Jul 2025 13:39:44 +0000 GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN GURU DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1023 <p>Penelitian ini bertujuan untuuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mencapai peningkatan kedisiplinan guru MA Islamiyah Kedungjambe. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan kualitatif deskriptif, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua murid, data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi kemudian dianalisis melalui tahapan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan waktu, 2) gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam menegakkan aturan, 3) gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan sikap, 4) gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan beribadah. Kendala yang dihadapi meliputi jarak rumah guru yang jauh, gaji yang diterima kurang layak atau belum standar,serta kurangnya partisipasi beberapa guru dalam menjalankan aturan tata tertib, perbedaan karakter.gaya kepemimpinan deemokratis kepala sekolah agar dapat mempertahnkan gaya kepemimpinan yang dimilikinya, dan selalu dikembangkan gaya kepemimpinannya agar menjadi pemimpin yang lebih baik lagi kedepannya.</p> Watin Nuraini, Laily Hidayati, Ahmad Suyanto ##submission.copyrightStatement## https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1023 Wed, 30 Jul 2025 13:44:22 +0000 A KHARISMA DAN KEBERAGAMAN: Daya Tarik Kyai Kharismatik di Kalangan Jamaah Multikultural https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1065 <p><em>Kepemimpinan tradisional masih sangat melekat dalam dunia pesantren. Seorang kyai memiliki peranan ganda yaitu sebagai pemuka agama (ulama) serta sebagai agen sosial yang dianggap mampu menyelesaikan semua permasalahan dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian </em><em>ini memiliki implikasi penting dalam upaya memperkuat peranan kyai dalam menghadapi kemajemukan masyarakat. Kyai kharismatik berhasil menjembatani perbedaan budaya, memberikan pelajaran berharga bagi upaya-upaya membangun kohesi sosial dalam masyarakat yang beragam.</em><em> Metode penelitian ini menggunakan </em><em>pendekatan kualitatif deskriptif, dengan desain penelitian bersifat eksploratif dan interpretatif,</em><em> analisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama dalam data, seperti manifestasi kharisma, strategi komunikasi kyai, dan respon jamaah dari berbagai latar belakang budaya. </em><em>Tradisi kepemimpinan religius di Indonesia beradaptasi dengan konteks sosial yang berubah. Hasil penelitian menunjukkan adanya fenomena kyai kharismatik yang mampu menarik jamaah multikultural menunjukkan bagaimana elemen tradisional dan modern dapat berjalan beriringan dalam konteks keagamaan. Kyai yang berhasil menarik jamaah beragam umumnya adalah mereka yang mampu mempertahankan otentisitas tradisional sambil beradaptasi dengan kebutuhan kontemporer. Kemampuan kyai untuk mengkomunikasikan pesan-pesan universal agama dengan cara yang relevan secara budaya menunjukkan bagaimana kepemimpinan religius dapat menjadi agen pemersatu daripada perpecahan.</em></p> Heri Kuncoro Putro, A Halil Thahir, Moh Agus Sifa ##submission.copyrightStatement## https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1065 Wed, 30 Jul 2025 14:00:27 +0000 KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIRI YAYASAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGASUH PONDOK PESANTREN BUSTANUT THOLIBIN SEMANDING TUBAN https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1032 <p><em>This study aims to analyze the role of transformational leadership of the founder of the Karang Bumi Santri Foundation in improving the performance of the caretakers of the Bustanut Tholibin Semanding Tuban Islamic Boarding School. Using a descriptive qualitative approach, data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed inductively. The results of the study indicate that the transformational leadership model applied by the founder of the foundation, especially H. Subagio, focuses on vision, inspiration, exemplary behavior, and individual attention to the caretakers. Uniquely, the caretakers do not come from dzurriyah kyai, but are appointed based on competence by the foundation, so that the relationship between the foundation and the caretakers is functional and contractual. During the 2021–2025 period, there were three changes of caretakers as a form of continuous evaluation. The caretaker's performance was assessed not only from scientific competence, but also from managerial abilities, discipline, communication, and the suitability of the vision with the foundation. This finding confirms that transformational leadership plays an important role in creating stability, sustainability, and progress of Islamic boarding schools.</em></p> Moh Agus Sifa', A Halil Thahir, M Thoyyib ##submission.copyrightStatement## https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1032 Wed, 30 Jul 2025 14:04:45 +0000 PENGARUH MEDIA MENTIMETER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTs Al-AMIRIYAH TEMAYANG BOJONEGORO https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1052 <p>Teknologi telah memperluas akses ke sumber daya yang sebelumnya tidak dapat dicapai di dunia pendidikan. Di dunia di mana peluang baru terus dirancang untuk menyederhanakan akses ke informasi, memastikan bahwa pelajar mencapai potensi penuh mereka tetap sangat rumit. Alat interaktif seperti Mentimeter dapat digunakan untuk menjembatani kesenjangan dalam metode pengajaran tradisional dan canggih. Fokus penelitian ini adalah untuk menilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI dengan materi Khulafaurrasyidin Kelas VII di MTs Al-Amiriyah Temayang Bojonegoro dan mengkaji peran Mentimeter dalam meningkatkan hasil tersebut.</p> <p>Metode kuantitatif digunakan, dengan menggunakan desain Pra-Eksperimental tipe pretes-postes satu kelompok. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 dari masing-masing sekolah dengan populasi sampel 37 orang. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Sisa data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS yang menghitung uji-t berpasangan untuk pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan.</p> <p>,Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) nilai rata-rata siswa pada pretest sebesar 54,1, sementara pada posttest meningkat menjadi 80,9, (2) siswa menunjukkan antusiasme tinggi selama pembelajaran dengan Mentimeter, dan (3) penggunaan media ini mendorong guru untuk menerapkan pendekatan yang fleksibel, inovatif, dan berbasis pengalaman konkret guna mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbasis proyek, dan kontekstual. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan Mentimeter meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus menyediakan lingkungan belajar yang aktif</p> Elsa Ni’matul Ulya, Ahmad Muthi’ Uddin, Fahmi Khumaini ##submission.copyrightStatement## https://www.journal.uaindonesia.ac.id/index.php/tadbir/article/view/1052 Wed, 30 Jul 2025 14:08:07 +0000