PENGARUH MEDIA MENTIMETER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTs Al-AMIRIYAH TEMAYANG BOJONEGORO
Abstract
Teknologi telah memperluas akses ke sumber daya yang sebelumnya tidak dapat dicapai di dunia pendidikan. Di dunia di mana peluang baru terus dirancang untuk menyederhanakan akses ke informasi, memastikan bahwa pelajar mencapai potensi penuh mereka tetap sangat rumit. Alat interaktif seperti Mentimeter dapat digunakan untuk menjembatani kesenjangan dalam metode pengajaran tradisional dan canggih. Fokus penelitian ini adalah untuk menilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI dengan materi Khulafaurrasyidin Kelas VII di MTs Al-Amiriyah Temayang Bojonegoro dan mengkaji peran Mentimeter dalam meningkatkan hasil tersebut.
Metode kuantitatif digunakan, dengan menggunakan desain Pra-Eksperimental tipe pretes-postes satu kelompok. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 dari masing-masing sekolah dengan populasi sampel 37 orang. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Sisa data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS yang menghitung uji-t berpasangan untuk pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan.
,Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) nilai rata-rata siswa pada pretest sebesar 54,1, sementara pada posttest meningkat menjadi 80,9, (2) siswa menunjukkan antusiasme tinggi selama pembelajaran dengan Mentimeter, dan (3) penggunaan media ini mendorong guru untuk menerapkan pendekatan yang fleksibel, inovatif, dan berbasis pengalaman konkret guna mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, berbasis proyek, dan kontekstual. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan Mentimeter meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus menyediakan lingkungan belajar yang aktif















