GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN GURU DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE

  • Watin Nuraini Universitas Al-Hikmah Indonesia
  • Laily Hidayati Universitas Al-Hikmah Indonesia
  • Ahmad Suyanto Universitas Al-Hikmah Indonesia
Keywords: kedisiplinan, gaya kepemimpinan, kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mencapai peningkatan kedisiplinan guru MA Islamiyah Kedungjambe. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan kualitatif deskriptif, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua murid, data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi kemudian dianalisis melalui tahapan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan waktu, 2) gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam menegakkan aturan, 3) gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan sikap, 4) gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan beribadah. Kendala yang dihadapi meliputi jarak rumah guru yang jauh, gaji yang diterima kurang layak atau belum standar,serta kurangnya partisipasi beberapa guru dalam menjalankan aturan tata tertib, perbedaan karakter.gaya kepemimpinan deemokratis kepala sekolah agar dapat mempertahnkan gaya kepemimpinan yang dimilikinya, dan selalu dikembangkan gaya kepemimpinannya agar menjadi pemimpin yang lebih baik lagi kedepannya.

Published
2025-07-30
How to Cite
Nuraini, W., Hidayati, L., & Suyanto, A. (2025, July 30). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN GURU DI MA ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE. TADBIR : Journal of Islamic Education Management, 4(01), 237. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/10.35898
Section
Articles