MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMK MIFTAHUL HIKMAH KARANG SUKOREJO PARENGAN
Abstract
Untuk meningkatkan kualitas lembaga tidak lepas dari pengelolaan, pengelolaan sarana dan prasarana sangat mendasar sekali dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang berbasis multimedia di SMK Miftahul Hikmah. Fokus penelitian ini meliputi:1) Bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah tahun pelajaran 2023/2024. 2) Faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah melalui empat fungsi manajemen yaitu (planning dengan melalui rapat bersama guru,organizing meliputi pembagian tugas yang sesuai dengan skillnya, actuating yang didalamnya meliputi analisis kebutuhan dan perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan penghapusan, controling terdiri dari pengevaluasian terhadap sejauh mana manajemen sarpras berjalan), 2) Faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan multimedia sebagai penunjang pembelajaran di SMK Miftahul Hikmah ada dua faktor yaitu minimnya dana yang dimiliki lembaga dan faktor yang kedua yaitu penggunaan lab komputer yang masih bergantian sebab satu lab komputer yang digunakan secara menyeluruh.















