Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pedagang Pasar Untuk MeningkatkanPendapatan (Omzet) Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pedagang Pasar Rakyat Aurduri Kota Jambi)

  • Indah Dewi Sundayani Universitas Jambi
  • Ridhwan . Universitas Jambi
  • Yusuf Zaini Aprizal Universitas Jambi
Keywords: Marketing Communication Strategy, Traditional Market, Islamic Business Ethics, SWOT Analysis, Traders' Income

Abstract

This study aims to analyze the marketing communication strategies implemented by traders at Aurduri Traditional Market in Jambi City in an effort to increase their income (turnover), as well as to evaluate the implementation of Islamic business ethics in trading activities. This study uses a qualitative approach with in-depth interview methods and participatory observation of traders and buyers in the market. The data analysis technique used is SWOT analysis to evaluate the strengths, weaknesses, opportunities, and threats in the marketing communication strategies implemented. The results of the study show that traders at Aurduri Traditional Market implement various marketing communication strategies, such as direct interaction with customers, providing discounts, and promotions through simple social media. However, the implementation of this strategy still faces challenges in the form of competition with modern markets and limited technological knowledge. From the perspective of Islamic business ethics, most traders have implemented the principles of fairness, transparency, and honesty in transactions.

References

Adolph, Ralph. 2016. “Strategi Bersaing Pedagang Pakaian Di Pasar Legi Ponorogo Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Menurut Perspektif Islam.” 1–23.
Alimin, muhamad dan. 2004. “Etika Dan Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam.” Journal Pendidkan 12(1):1–346.
Analysis, Qualitative Data. 2023. “Implementation of the International Plan of Action to Deter, Prevent and Eliminate Illegal, Unreported and Unregulated Fishing.” Implementation of the International Plan of Action to Deter, Prevent and Eliminate Illegal, Unreported and Unregulated Fishing. 320–57. doi: 10.4060/cc6434en.
Andriani, Nita. 2021. “Etika Komunikasi Bisnis Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Al-Hikmah 19(01):13–26. doi: 10.35719/alhikmah.v19i01.40.
Arianty, Nel. 2013. “Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional.” Jurnal Manajemen & Bisnis 13(01):18–29.
Asari, Ahmad Hasan. 2014. “Analisis Etika Bisnis Islami Dalam Marketing Communication Mix Pada Distro Kipasoak Pati.” Journal AIN Kudus 13(02):14–74.
Askhar, Bayu Malikul, Tri Winarsih, and Maulidza Nur Fauzi. 2024. “Strategi Manajemen Keuangan Dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Produk.” Jurnal USAHA 5(1):74–81. doi: 10.30998/juuk.v5i1.2897.
Badan pusat Statistik. 2021. “Jumlah Penduduk Indonesia 2022-2024.”
Darnika, Y. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaigan Pedagang Online Di Pusat Pasar Medan.” Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna 18(2):71–82.
Desember, No, and Risa Evrilia. 2023. “Analisis Potensi Pasar Aurduri Dan Perannya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Putri Apria Ningsih Kurniyati Kurniyati.” 1(6).
Dewi Isnawati. 2020. Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif. Vol. 9.
Farhan Hamudi, Ahsan Putra Hafidz, and Nova Erliyana. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Tradisional Aurduri Kota Jambi.” Jurnal Publikasi Manajemen Informatika 2(3):156–74. doi: 10.55606/jupumi.v2i3.2153.
Firdausi, Novandina Izzatillah. 2020. “Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Pedagang Di Pasar Tradisional Aur Duri Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.” Ripository Unja.Co.Id 8(75):147–54.
Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1(2):85–114. doi: 10.55927/jiph.v1i2.937.
Harits, Afish Rizqiya, Lisa Efrina, and Estelee Elora Akbar. 2024. “Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Desa Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan).” Journal of Islamic Economics, Management and Business 3(1):12–18.
Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1):21. doi: 10.21580/at.v8i1.1163.
Hasibuan, Syahrial, Iesyah Rodliyah, Sitti Zuhaerah Thalhah, Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, and Andi Aris Mattunruang S. E. 2022. “Media Penelitian Kualitatif.” Jurnal EQUILIBRIUM 5(January):1–260.
Hayati, Annisa ikfi. 2022. “Analisis Strategi Bersaing Usaha Kuliner Dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi Kasus Pada Rumah Makan Pendopo Asri Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas).”
Istiqomah, Nur. 2018. “Pemasaran Dalam Perpektif Islam.” Jurnal Hukum Bisnis Islam 8(1):97–99.
Jakfar, Kasmir dan. 2020. “Studi Kelayakan Bisnis-Tujuan Studi Kelayakan Bisnis.” CV. Manhaji 8(3):231.
Khomaeni, Mokhamad Iqbal, and Arfan Juliyendi. 2024. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Omzet Pedagang Muslim Pasar Jaya Gondangdia Jakarta Pusat.” El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 5(01):39–57. doi: 10.53678/elmadani.v5i01.1724.
Kulsum, Umi. 2018. “Faktor-Faktor Peningkatan Omzet Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Study Pada Multi Mart Pringsewu).” 19–40.
Lubis, S., & Lubis, A. (2021). Strategi Pemasaran Islami dalam Era Digital: Analisis Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 123–134.
Lusinta, Aisa Diaz Adhe, Titin Titin, and Luluk Nur Azizah. 2019. “Analisis Segmenting, Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global Pada Ukm Kacang Mede ‘Bawang Mas’ Surabaya.” Jurnal Manajemen 4(2):907. doi: 10.30736/jpim.v4i2.249.
Mareta Elesia Putri, Agusriandi Agusriandi, and Faturahman Faturahman. 2023. “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pedagang Di Pasar Pamenang Kabupaten Merangin Jambi.” Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen 1(4):1–18. doi: 10.59031/jkpim.v1i4.225.
Mauliddiyah, Nurul L. 2021. “Analisis Faktor Penentu Pekerja Anak Sebagai Kuli Panggul Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Di Pasar Angso Duo Kota Jambi.” 6.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.
Morissan. 2022. “Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu.” Journal Trunojoyo 1(3):1–659.
Muslim. Shahih Muslim, Hadis tentang larangan menipu dalam jual beli.
Nawatmi, Sri. 2016. “Etika Dalam Perspektif Islam.” Fokus Ekonomi (FE) 9(1):50–58.
Novianti, Imelda Ajeng, Indah Purwanti, and Versiandika Yudha Pratama. 2024. “Dampak Jual Beli Online Terhadap Pasar Tradisional ( Studi Kasus Pasar Kedungwuni ).” Jurnal Sahmiyya 3(1):131–41.
Nur Wanita, S.Ag., M. Ag. 2016. “Bauran Promosi ( Promotion Mix ) Konvensional Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Nur Wanita, S.Ag., M.Ag*.” Ekonomika Syariah 10(01):27–50.
pahleviannur et al. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.
Palinkas, Lawrence A., Sarah M. Horwitz, Carla A. Green, Jennifer P. Wisdom, Naihua Duan, Kimberly Hoagwood, Los Angeles, and Kaiser Permanente Northwest. 1968. “"Dentists Face Added Drug Regulation.” Dental Survey 44(12):73. doi: 10.1007/s10488-013-0528-y.Purposeful.
Peraturan Presiden RI No. 112. 2007. “Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.” Peraturan Presiden Republik Indonesia (1):22.
Pramesti, Hanny Pringia. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Syariah Ulul Albab Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” 1–118.
PRASETYO, SEGA. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Pedagang Tradisional Dalam Mengelola Keluhan Pelanggan Di Pasar Pembangunan Deli Serdang.” Konsentrasi Hubungan Masyarakat 11(4):61–69.
Prihatta, Hajar Swara. 2018. “Hajar Swara Prihatta Perkembangan Ekonomi Syariah Sendiri Telah Mampu Konvensional . Karena Sasaran Yang Hendak Dicapai Dalam Permintaan Dan Penawaran . Pasar Yang Mewadahi Interaksi.” Maliah Jurnal Hukum Bisnis Islam 8:96–124.
Qodri, M. Amin. 2023. Pengaruh Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Muslim Di Pasar Perumnas Aurduri Dalam Persfektif Ekonomi Islam.
Rangkuti, Freddy. 2006. “Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis.” Journal UIN Malang 1(05):1–6.
Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia. 2023. “Etika Bisnis Islam.” (112):60–88.
Rosdiyanti, Evi, Eka Nuryanti, Muhammad Yani, and Yusuf Yusuf. 2022. “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan.” Business Management 1(2):1–10. doi: 10.58258/bisnis.v1i2.4441.
Rusdian, Suca, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, Yasa Yasa, Mia Aksara, Global Akademia, and Aksara Global Akademia. 2023. Metodologi Penelitian ( Kuantitatif & Kualitatif ).
Safitri, Novi Angga. 2021. “Spirit Ta’Awun Dalam Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Besar Kota Palangka Raya.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 17(1):60–71. doi: 10.23971/jsam.v17i1.2955.
Saifullah, Muhammad. 2011. “Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah Muhammad Saifullah Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Salsabila, Elsa, Teguh Virgiawan, Rifky Ardiansyah, and Joni Hendra. 2024. “Peran Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Daerah Kecamatan Bengkalis The Role of Traditional Markets in Improving the Economy of the Community in Bengkalis District.” 7(12):4682–88. doi: 10.56338/jks.v7i12.6621.
Soeprihanto, murti sumarni dan john. 2020. “Pengantar Bisnis Dasar Dasar Ekonomi.” Journal Pendidikan 3(1):21–55.
Suka, Enda Aulia Akbar Ginting, and Suwardi Lubis. 2019. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Homemade Kefir Di Kota Medan.” Network Media 2(2):1–27.
Sula, A. (2015). Etika Bisnis Islam dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jakarta: Kencana.
Sifa, M. A., & Subakir, A. (2025). Konsep Mekanisme Pasar Menurut Abu Yusuf Dan Ibnu Khaldun Dalam Kitab Al-Muqoddimah Dan Al-Kharaj. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 5(1), 73-85.
Sutrisno. 2020. “Perilaku Konsumen & Perilaku Konsumen.”
Syahputri, Tyas Fariha, and Sri Abidah Suryaningsih. 2022. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Sembako Di Pasar Kedurus Surabaya.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 5(1):146–59. doi: 10.26740/jekobi.v5n1.p146-159.
Taufiq, M., Masriadi Masriadi, and Muhammad Ali. 2021. “Komunikasi Pedagang Pasar Tradisional (Pekan) Di Keude Buloh Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur.” Jurnal Jurnalisme 10(1):77. doi: 10.29103/jj.v10i1.4883.
Tjiptono, F ; Anastasia, D. 2018 :. 2016. “Pengaruh Strategi Perencanaan Pemasaran Digital اديدج.” Journal Dasar-Dasar Ilmu Politik 13(4):17–39.
Umar. 2022. “Komunikasi Pemasaran Terpadu.” Journal Undip 11(2):93–105.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. 2019. “Potensi Pedagang Beras Dalam Meningkatkan Pendapatan Ditinjau Dari Persepektif Etika Bisnis Islam.” Repository.Iainbengkulu 11(1):1–14.
Usman, Alfiani. 2022. “Konsep Etika Bisnis Islam Menurut Muhammad Djakfar.” Ripository 4(8.5.2017):2003–5.
Wahyuni, Indah Sri. 2018. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods.” 11(2):173–85.
Wati, Ambar, Arman Paramansyah, and Dessy Damayanthi. 2020. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli:” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 1(2):184–200. doi: 10.47467/elmal.v1i2.344.
Widyaningtyas, Sistaningrum. 2020. “Manajemen Penjualan Produk.” Journal Manajemen 5(3):12–32.
Published
2025-07-16
How to Cite
Sundayani, I., ., R., & Aprizal, Y. (2025, July 16). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pedagang Pasar Untuk MeningkatkanPendapatan (Omzet) Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pedagang Pasar Rakyat Aurduri Kota Jambi). JOURNAL OF SHARIA ECONOMICS, 7(1), 211-221. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/jse.v7i1.1054