Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
This study examines the influence of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, and Security on the Interest in Using E-Wallets from an Islamic Economics perspective. The research employs a descriptive quantitative approach, with the population consisting of undergraduate students from the Islamic Economics Study Program at Jambi University, cohorts 2021–2023. The sampling method used is simple random sampling, resulting in a total sample of 204 respondents. Data analysis was conducted using multiple linear regression with the SPSS 26 application. The results indicate that, partially, Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness have a positive but not significant effect on the Interest in Using E-Wallets, whereas Security has a positive and significant effect. Simultaneously, the three independent variables have a significant effect on the Interest in Using E-Wallets.
References
Afdiani, S. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DALAM MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL (APLIKASI DANA).
Afolo, S. C. M., & Dewi, N. N. S. R. T. (2022). Minat Mahasiswa Akuntansi Untrim Sebagai Pengguna E-Wallet Dengan Mempertimbangkan Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kepercayaan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 267–277. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.267-277
Agustin, D. A., Wijaya, R. A., & Nugrahani, J. A. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Attitude Toward Using E-Wallet pada Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1(2020), 91–103. https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.186
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Aisyah, A., Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2023). Determinan Penggunaan E-Wallet Generasi Milenial Muslim. Lab, 6(02), 189–206. https://doi.org/10.33507/labatila.v6i02.1025
Amelia, D., Setiaji, B., Jarkawi, J., Primadewi, K., Habibah, U., Peny, T. L., Rajagukguk, K. P., Nugraha, D., Safitri, W., Wahab, A., Larisu, Z., & Dharta, F. Y. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metpen. https://penerbitzaini.com/
Anditasasti, K. D., Atil, A., & Putri, A. P. (2024). DOES GOPAY HELPS CUSTOMERS IN OBTAINING PRODUCT DISCOUNTS AS A FORM OF E-WALLET? Received: 01st August 2023; Revised: 04th September …. Socialis Series in Social Science, 06(August 2023), 1–13.
Anggraini, M. S., Anggraeni, E., & Nurhayati. (2024). Pengaruh Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Pelaku Usaha Pada Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital Dalam Persepektif Bisnis Syariah (Studi Pada UMKM di Bandar Lampung). Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(3), 160–174. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/digital.v3i3.3196
Ardianto, K., & Azizah, N. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511
Ariyandi, M. R., Karsanty, D., & Qurrotaayun, M. M. (2023). Electronic Wallet dalam Perspektif Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(5), 149–156.
ARIYANTO, D. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, MANFAAT, KEAMANAN DAN RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT SYARIAH LINKAJA PADA MAHASISWA SE-SOLO RAYA.
ASKHIYA, W. (2023). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNA DOMPET DIGITAL DANA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Usia 15 tahun ke Atas Menurut Golongan Umur, 2024.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. (2024). Provinsi Jambi Dalam Angka 2024. 44.
Bank Indonesia. (2016). Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 16/11/DKSP tanggal 22 Juli 2014 perihal Penyelenggaraan Uang Elektronik (Electronic Money). 27(September), 2016.
BINUS. (2021). MEMAHAMI UJI ASUMSI KLASIK DALAM PENELITIAN ILMIAH.
Chindy Felestin. (2020). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Indonesia ( Dana ). Skripsi.
Diva, M., & Anshori, M. I. (2024). Penggunaan E-Wallet Sebagai Inovasi Transaksi Digital: Literatur Review. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(6), 1991–2002.
DSN-MUI. (2017). Uang Elektronik Syariah. Fatwa Dewan Syariah Nasional, 19, 1–12.
Fahimah, H. M., & Harsono, M. (2023). Literature Review of The Evolution of Payment System Paradigms: From Cash to Cashless with Digital Payment. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 11–18. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.81553
Fitriyanti, E. D., Farida, E., & Primanto, A. B. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 510–518.
Fortuna, T. K. D. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN FINTECH E-WALLET SHOPEEPAY PADA GENERASI Z DI KABUPATEN SLEMAN.
Foster, B. (2020). Pengaruh Servqual Terhadap Kepuasan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pengguna E-Wallet (Ovo). BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 48. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.10990
Fuadi, Z. (2022). Analisis Penggunaan E-Wallet (Ovo) Sebagai Alat Transaksi Dalam Perspektif Ahli Ekonomi Islam Indikator Hifdz Al-Maal Di Kota Banda Aceh.
Gunawan, C., Febriani, E., & Kusumah, A. (2024). TRUST AND USER SATISFACTION IN DIGITAL APPLICATION : AN ANALYSIS OF GOPAY E-MONEY SERVICE. 06, 15–24.
Hadisantoso, E., Dharmawati, T., & Sulfian, S. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) PADA APLIKASI OVO (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Halu Oleo). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 140–150. http://jak.uho.ac.id/index.php/journal
Hakiem Ajuna, L., Dukalang, H. H., & Djou, S. R. (2023). the Effect of Perceptions of Convenience, Effectiveness and Security on Interest in Transactions Using E-Wallet : Study on Students in Gorontalo Province. Gorontalo Manajement Research, 6(1), 19–31.
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Yusrizal, A. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25. Aceh. Kopelma Darussalam, 165.
Handayani, T. P., & Anggrainie, N. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Persepsi Manfaat , dan Keamanan terhadap Minat menggunakan melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada E-Wallet Flip di Kota Bekasi Manajemen , Universitas Gunadarma , Indonesia dalam cara masyarakat melakukan pemba. 2(3).
Hapsari, N. A. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Keamanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Linkaja Syariah Di Klaten. 1–140.
Hardani, S.Pd., M. S. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).
Harminingtyas, R., & Susetyarsi, T. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Pengguna E-Wallet Pada Masyarakat Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 1(3), 390–395. https://doi.org/10.34152/emba.v1i3.641
Harryanto, Muchran, M., & Ahmar, A. S. (2018). Application of TAM model to the use of information technology. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2.9 Special Issue 9), 37–40.
Harseno, D. F. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 9(4). https://doi.org/10.22146/abis.v9i4.70384
Hartzani, A. G. (2021). EVALUASI USER EXPERIENCE PADA DOMPET DIGITAL OVO MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ).
Hasanah, N., & Abidin, M. Z. (2022). Pengaruh Keamanan Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Minat Beli Menggunakan Dompet Digital Ovo Pada Kalangan Mahasiswa Di Banjarmasin. DINAMIKA EKONOMI : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 405–424.
Hermanto, S. B., & Patmawati, P. (2017). Determinan Penggunaan Aktual Perangkat Lunak Akuntansi Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(2), 67–81. https://doi.org/10.9744/jak.19.2.67-81
Hikmah, A., & Unggul, U. E. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Dompet Digital DANA RA Nurlinda. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(4), 181–202.
Idayanti, R., & Ulandari, P. (2023). PERAN APLIKASI DOMPET DIGITAL INDONESIA ( DANA ) DALAM MEMUDAHKAN MASYARAKAT MELAKUKAN. Islamic Banking and Finance, 3(2), 429–441. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/ibf.v3i2.5438
Iliyin, A., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ovo Pt Visionet Data Internasional (Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Surakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 85–92. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26225
Jamiah, N., Purwanto, H., & Asmike, M. (2022). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada E-Wallet GoPay Di Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, September, 1–19.
Janti Soegiastuti, & Tri Anggraeni. (2022). Analisis Faktor Minat Masyarakat Semarang Dalam Penggunaan Gopay Sebagai Digital Payment. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 18–40. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i1.416
KANDHI, N. D. (2024). PENGARUH FITUR LAYANAN, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E – WALLET PADA APLIKASI DANA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Pengguna Aplikasi DANA).
Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya, 6(1), 694–703. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.979
Khairunisa, T. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan,Persepsi Manfaat,Persepsi Risiko,Kepercayaan,Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Fintech. 0.
Khairunnisa. (2023). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT GENERASI Z PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT SYARIAH DI KOTA DEPOK.
Khoiriyah, S. U., Zulkarnnaeni, A. S., & Halim, M. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Menggunakan Financial Technology pada Aplikasi Dana. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 9(1), 70–79. https://doi.org/10.38204/jrak.v9i1.950
Kie, D., & Bonjornahor, H. (2024). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, dan persepsi manfaat terhadap minat menggunakan e-wallet pada mahasiswa akuntansi di kota batam. Scentia Journal, 6(1), 1–10.
Kim, C., Mirusmonov, M., & Lee, I. (2010). An empirical examination of factors influencing the intention to use mobile payment. Computers in Human Behavior, 26(3), 310–322. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.10.013
Kinanti, S. A., & Mukhlis, I. (2022). Analisis Pengaruh Faktor Persepsi Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(1), 11–25. https://doi.org/10.17977/um066v2i12022p11-25
Lalu Agustino. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Wallet Di Kota Banjarmasin. Kindai, 17(3), 401–422. https://doi.org/10.35972/kindai.v17i3.631
Lestara Permana, G. P., Rini, H. P. S., & Darma Paramartha, I. G. N. (2021). Fintech Dari Perspektif Perilaku User Dalam Penggunaan E-Wallet Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Widya Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 50–70. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v3i1.1205
Liliani, P. (2020). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Niat Pengguna Pada Gopay Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Bina Manajemen, 9(1), 44–60. https://doi.org/10.52859/jbm.v9i1.114
Lintang, I. (2024). Data: 10 Aplikasi E-Wallet Terpopuler di Indonesia. Inilah.Com.
Ma’ruf, Z., Wisnuyudo, A., Lesmana, A. D., & Samsudin, S. (2022). Analisis Minat Konsumen terhadap Aplikasi E-Wallet dalam Bertransaksi Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 508. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.442
Maharani, P. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital GoPay Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. International Journal Administration, Business & Organization, 4(3), 58–70. https://doi.org/10.61242/ijabo.23.273
Marey, D. R. E., & Purwanto, E. (2020). Model Konseptual Minat Penggunaan E-wallet : Techology Acceptance Model (TAM). Advances in Science, Technology and Innovation, 31–50.
Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.31294/moneter.v8i1.9903
Masturin, M., & Amaroh, S. (2019). Manajemen Modal Sosial Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mewujudkan Kemaslahatan Umat: Studi Pada Baitul Maal Wat Tamwil Di Kudus. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 1. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.5171
Matondang, H. H., & Ramadansyah, A. (2024). Perbandingan E-Wallet Terpopuler di Indonesia: Pilih yang Terbaik untuk Kebutuhan Anda! VIVA.Coid.
Miswanto, M., Sidik, P. A., & Arrafi, M. F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Promosi E-Wallet dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(2), 136–151. https://doi.org/10.35315/jbe.v28i2.9274
MT, M. A. P., & Sukresna, I. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Nilai, Dan Persepsi Kegunaan, Terhadap Minat Berkelanjutan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Dompet Digital (E-Wallet) Ovo Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–11.
Mubarroq, A. C., & Latifah, L. (2023). Analisis Konsep Muamalah Berdasarkan Kaidah Fiqh Muamalah Kontemporer. Tadayun: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 95–108. https://doi.org/10.24239/tadayun.v4i1.101
Mustofa, F. J., & Kurniawati, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana. YUME : Journal of Management, 7(1), 856–868.
Nadhilah, P., Jatikusumo, R. I., & Permana, E. (2021). Efektifitas Penggunaan E-Wallet Dikalangan Mahasiswa Dalam Proses Menentukan Keputusan Pembelian. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 128. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.725
Nazar, M. R., Arifah, U., Fitri, S. M., Aulia, S. S. P., & Ramadianto, M. P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan electronic money dan munculnya cashless society di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 287–295.
Nihayah, A. Z. (2019). Pengolahan Data Penelitian Menggunakan Software SPSS 23.0. UIN Walisongo Semarang, 1–37.
Noh, M. S. M. (2023). RIBA DAN GHARAR DALAM APLIKASI KEWANGAN DIGITAL: SATU SOROTAN. JOURNAL OF IFTA AND ISLAMIC HERITAGE, 32–59.
Norvadewi. (2015). BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Al-Tijary : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/at.v1i1.420
Nua, F. (2024). Jumlah Pengguna Pembayaran Digital Melonjak di Semester I 2024.
Nurhabiba, F. D., Misdalina, M., & Tanzimah. (2023). KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SD 19 PALEMBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(03), 492–504.
Nurjannah, S., & Hendrawan, S. (2023). Pengaruh Emotional Marketing dan Perceived Ease of Use terhadap Donation Intention melalui Digital Payment. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(2), 482–487. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.223
Octafilia, Y., Simanjuntak, A., & Akri, P. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan Dan Resiko Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital (E-Wallet) Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 2(2), 227–241.
Pakasi, S. S., Muaja, harly stanly, & Kermite, J. A. (2021). Tinjauan Hukum terhadap Penggunaan Dompet Digital dalam Bertransaksi di Indonesia. Lex Crimen, X(12), 69–76.
Pratiwi, D. S., & Nuryana, I. K. D. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 02(04), 76–84. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43436
Pratiwi, H. (2021). … Faktor Kemudahan, Kepercayaan dan Kemanfaatn Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Gopay Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa …. Skripsi.
Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6
Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Di Masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80–91. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.220
Putri, A. F. S., & Karim, N. K. (2023). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA MAHASISWA DI KOTA MATARAM. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(3), 489–503.
Putri, A. F. S., & Karim, N. K. (2024). Pengarauh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Mahasiswa Di Kota Mataram. RISMA : Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(3), 489–503.
Putri, R., Ramadhan, A., & Afif, M. (2021). Perspektif Islam Terhadap Integrasi Perkembangan Ilmu Teknologi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 48–54. https://doi.org/10.34306/abdi.v2i1.447
Raharjo, S. (2013). Belajar Praktek Analisis Multivariate dengan SPSS. www.konsistensi.com.
Rahayuningsih, P. (2021). Daya Tarik Dompet Digital. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 43–49. https://doi.org/https://doi.org/10.36407/jrmb.v6i1.383
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168.
Ramadhan, A. F., Prasetyo, A. B., & Irviana, L. (2016). Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan E-money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13, 1–15. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/470/833
Ramadhan, A., & Tamba, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-wallet Gopay di wilayah DKI Jakarta. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 3(2), 134–139. https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i2.2218
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo. Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.32009
Robikah, F. N. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK E-WALLET GOPAY. 1–23.
Rodiah, S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Generasi Milenial Kota Semarang Skripsi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Safitri, D. D. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN PADA MINAT PENGGUNAAN DOMPET ELEKTRONIK (OVO) DALAM TRANSAKSI KEUANGAN. 2507(February), 1–9.
Saharah, M. A. (2022). Analisis Penerimaan terhadap Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Indonesia (DANA) di Kota Jambi Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). In Tesis.
Sahir, S. H. (2022). METODE PENELITIAN.
Salsabila, S. S., & Sulistiyono, A. (2019). Urgensi Dikeluarkannya Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/Pbi/2018 Tentang Uang Elektronik (E-Money) Sebagai Alat Pembayaran. Jurnal Privat Law, 7(2), 289. https://doi.org/10.20961/privat.v7i2.39338
Saputra, A. T., Awka, A. M., & Ghoni, A. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Manfaat dan Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Mobile Banking dan E-Wallet ( Studi Kasus IAIN Syekh Nurjati Cirebon ). Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah (JKUBS), 3(1).
Saputra, P., Rafli, M., Renaldi, B., Ismail, S. A., & Mulia, H. C. (2024). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI DANA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. 2(12), 2559–2572.
Sari, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN MANFAAT DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN OVO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN AR-RANIRY).
Sari, S. R. P., & Anisah. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Gopay. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 16–24. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.174
Shrestha, A. K., & Vassileva, J. (2019). User acceptance of usable blockchain-based research data sharing system: An extended TAM-based study. Proceedings - 1st IEEE International Conference on Trust, Privacy and Security in Intelligent Systems and Applications, TPS-ISA 2019, 203–208. https://doi.org/10.1109/TPS-ISA48467.2019.00033
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.
Suhendry, W. (2021). Minat penggunaan e-wallet dana di kota pontianak. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7(Mei), 46–56.
Sukmawati, K., & Kowanda, D. (2022). Keputusan Penggunaan E-Wallet Gopay Berdasarkan Pengaruh Keamanan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 66–72. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.481
Sunarsa, S., & Fauz, I. N. (2023). Tinjauan Hukum Islam Tentang Mekanisme Transaksi E-Wallet. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1).
Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. In Rake Sarasin (Vol. 2, Issue 01).
Syaripudin, E. I., Konkon Furkony, D., Maulin, M., & Bisri, H. (2023). Prinsip-Prinsip Dan Kaidah Transaksi Dalam Ekonomi Syari’Ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY), 1(2), 284–294. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i2.359
Syukriyyah, S., & Karyaningsih, K. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Shopeepay Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 263–287. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2329
Tirta, M. R. (2023). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT DALAM MENGGUNAKAN E-WALLET. 1.
TRIANA. (2024). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Gen Z Pengguna Aplikasi Dana Di Bandar Lampung).
Ulfi, I. (2020). Tantangan Dan Peluang Kebijakan Non-Tunai: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 55–65. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2379
Umaira, N., & Widiati, E. (2024). Manajerial : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi Persepsi Konsumen Pada Minat Menggunakan E-Wallet OVO. 23(May 2023), 35–46.
Violinda, Q., & Khorunnisya, N. V. (2022). Minat Generasi Milenial Menggunakan E-Wallet Link Aja: Perspektif Teori Persepsi dan Perilaku. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 181–191. https://doi.org/10.17358/jabm.8.1.181
Wahyu, W. D., & Sari, D. U. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan , Manfaat dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dana Pada Masyarakat Sungai Betung. 4, 5784–5798.
Wardana, O., & Iriani, I. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan pada Platform Dompet Digital Dana dengan Metode IPA. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 1081. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4.1666
Wardani, T. A., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet (Electronic Wallet) Sebagai Alat Transaksi (Studi Pada Generasi Milenial Di Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, September.
Wibisono, S. I. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat serta Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Xaveiryus, L. W., & Apriyanti. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet GoPay di Madiun. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 5, September.
Yanti, L. R., Isnaeni, N., & Rafiqi. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Dompet Digital (E-Wallet) Sebagai Alat Transaksi Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. 3(3), 79–80.
Yudistira, K., & Masdiantini, P. R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Persepsi Manfaat dan Kepuasan Pengguna terhadap Minat Penggunaan E-Wallet OVO pada Mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha. VOKASI : Jurnal Riset Akuntansi, 12(3), 93–103. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/vjra.v12i3.68002
Zada, C., & Sopiana, Y. (2021). Penggunaan E- Wallet Atau Dompet Digital Sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 4(1), 6.
















